Sabtu, 12 Januari 2013

1st Inspiration Story this Year

Assalamu'alaikum guys..

Musim hujan, lagi liburan, ga ada kerjaan, duit ngap-ngapan, akhirnya nongkrong kepan wajan, haha. Garing yee. Ok, It's saturday, the day when I have fun, go out of business in my company. Dari pagi karena males, jadi gua cuma duduk depan leppi, online, nonton film, lay on my bed lah pokoknya. sampe akhirnya jam 1. Gua blom mandi masih internetan. Eh, nyokap minta nganter ke ondangan. Haah, males banget padahal, tapi karena mama yg minta, ok lah. Cabuuut.

Disana gua cuma nungguin mama selesai dari jauh. Gua duduk di bangku depan rumah (yanng gua ga kenal rumah siapa). Ehh, ga lama ujan gede, akhirnya gua nongkrong bawah pohon mangga rumah ntu. Ga lama yang empunya rumah keluar "Masuk aja. Hujan gede", katanya. Pas gua liat kok kayak pernah kenal. Gua masuk depan terasnya kan. 
"Mas Zeni yaa", kata gua. "Iya, kok tau"jawabnya. "Ga, dulu temen saya Ganang dering cerita". 

Jadi dia ini gan mahasiswa ITB yang dapet beasiswa full plus uang saku. Beuuh, mantep ga tuh. Tapiiiiiii, dibalik beasiswanya itu tersimpan cerita inspiratif. Gini nih ceritanya
( sorry kalo ada yang salah, gua ga sepenuhnya denger dari orangnya langsung, beberapa dari temen gua Ganang, dan Ibu gua yang update gossip,hehe). 

Gua diri depan rumahnya pas nunggu ibu gua. Sumpeh gua kira itu rumah ga berpenghuni, alias rumah kosong. (Maaf sebelumnya). Rumahnya itu belum di renovasi, cuma pagar aja sama terasnya yang di plester. Udah gitu, tirai depan rumahnya itu pake bekas spanduk, dan depan rumahnya juga banyak barang-barang yang terlihat ga terpakai. 

Tapi pas gua inget cerita temen gua Ganang dan Ibu gua juga. Baru ngerasain inspirasi dari hidup dia. Dia ini anak pertama dari yang kata ibu gua 6 bersaudara. Ayahnya kerja serabutan di proyek. Ibunya kerja di konveksi, sementara anak2nya ya ditinggalin kalo mereka kerja. Rumahnya sudah gua gambarin tadi. Dari SMP dia (kata ibu gua) ga pernah bayar SPP, karena ibunya ngerasa ga bisa sekolahin di sekolah bagus yang mahal, akhirnya dia dari dulu selalu ngajuin ke sekolah beasiswa. Dan selalu juga diterima sama pihak sekolahnya, karena emang mungkin setelah survei keadaannya memang demikian adanya. Sampai SMA dia masuk ke sekolah favoritpun dengan beasiswa. 

Nah sampai lulus SMA, dia masih kekeuh pengen kuliah. Sadar ga mungkin bisa biaya sendiri. Dia juga cari-cari beasiswa. Waktu itu ada bidikmisi sama beasiswa pemprov. Dia ikut dan dua-duanya diterima. Bidikmisi diterima di IPB dan pemprov di ITB. Gila ga tuh. Dia milih di ITB (soalnya duluan di ITB pengumumannya,  katanya). 

Dan yang bkin gua bangga lagi juga dia kalo pulang itu ga pernah minta duit. Tapi malah ngasih duit, dan bawain barang-barang keperluan adenya sekolah. Bener-bener inspiratif. kata ibu gua si dia disana jual zgorengan, dan ngajar-ngajar les juga, dan usaha macem-macem disana so lumayan, kuliah ga bayar, uang saku perbulan dapet dari beasiswa, dari kerja sendiri pun dapet duit.

Kata temen gua Ganang si dia tinggal di Salman yang katanya masjid gitu. Jadi ga perlu bayar uanng kos. Beuuhh, inspiratif deh pokoknya. Dan temen gua Ganang itu dulu sering ngobrol dan minta saran buat dapet beasiswa. Dulu si gua ga tertarik soalnya gua sadar diri gua ga pinter-pinter banget dan kebanyakan beasiswa itu testnya MTK, Fisika, Kimia, Inggris, kalo Ing, sama MTK si gua Ok lah. Nah kalo yang Kimia sama fisika itu. Beeuh mending loncat dari menara eifell,hehe. Dan juga beasiswa yang seperti itu (maaf) biasanya buat orang2 yang Benar-Benar kurang mampu, sedangkan gua ga ngerasa sedemikian ga mampu. 

Tapi temen gua Ganang berhasil kok dapeet beasswa di Politeknik GT. Selamat deh. Nyesel juga dulu ga ikut konsul sama Ganang ke dia tentang beasiswa, pasti walaupun da dapet beasiswa tapi mempertinggi semangat belajar. 

Pertemuan singkat tadi bikin semangat belajar gua naik disaat lagi turun-turunnya. Gua janji deh di tahun ini. No playin' arround. No hura-hura lagi. Bersikap dewasa dan lebih bisa mengatur waktu, dimana saatnya kita belajr, kapan saatnya kita hiburan, dan kapan waktunya kita bekerja. SEMANGAT, dan semoga cerita dia bisa mengispirasi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar