Kamis, 12 April 2012

Potret anak zaman sekarang

Hei guyss.. Kemarin-kemarin baru w lagi iseng pergi k warnet, biasa mau donlot, takut kuota modem abis,,hehe. Long time no see warnet (maklum udah makmur ada modem,,he). Tapi disana justru w liat kondisi yg cukup memprihatinkan. Lot of children were there, biasa pada maen game online. Umurnya variasi, dr 5 taun sampe mungkin SMP kelas 1 atau 2 ada.

Sbenernya si fine aja buat gue banyak anak pd maen game. Namanya juga anak-anak, masih umurnya buat main.  Tapi ada yg lebih memprihatinkan lagi, kelakukan mereka itu. Bahasa yg diucapin mereka itu udah bukan lagi bahasa anak seumurannya. Kasar, dan kyk ga pernah diajarin moral. Padahal umur mereka berapa si, paling tua 13 taunan. tapi mereka sama sekali ga canggung buat ngomong kasar, nyebut kata2 'binatang'. Bahkan, w denger sendiri mereka ngomongin(maaf) seks. Astagfurullah. Disana itu ada anak yg usianya lebih muda, yg 5 taun pun ada. Terus mereka itu ga bisa tertib di dalem warnet. 'Gurunggusuh' kalo kata orang Sunda. Sampe ada anak kecil yg nangis pula. Kacau deh.

MAU DIBAWA KEMANA BANGSA KITA?
Jujur, w ga tau kenapa, w itu orangnya peduli sama anak-anak. Apalagi kalo liat anak-anak di jalan, minta-minta, atau ngamen. Apa mereka ga sekolah? dimana orangtuanya? KEMANA PEMERINTAH?? Mungkin Pemerintah tuli atau pura2 tuli liat calon2 penerus bangsanya sekecil itu harus 'sempoyongan' cari nasi. Oke. Emang sekarang sekolah itu dinyatakan 'gratis' 9 taun. Tapiiii, apa emang bener gratis?? silahkan anda jawab sendiri.



Memang makna sekolah gratis (murah lebih tepatnya) itu sering jadi buah simalakama. Satu sisi banyak menjadikan siswa, wali murid, ga peduli sama pendidikan dia (karena ga ngerasain mahalnya sekolah). So, apapun yg diberikan guru, siswa ga pernah protes, dan ngerasa ga berhak atau canggung untuk protes. Guru pun begitu ngerasa pendidikan murah. Ilmunya pun 'murahan'. Dari mulai males ngajar, tugas2 yg numpuk, padahal ga pernah masuk apalagi nerangin. Hahhh, itulahhh, karena gua ngalamin sendiri. Tapi disatu sisi, kalo sekolah mahal, gimana bisa sekolah kalangan kurang mampu. Pasti mereka bakal 'jerit-jerit' minta sekolah gratis.

Sebenrnya si INTI dari permasalahan ini itu adalah kembali ke MORAL BANGSA. Kalau moralnya sudah HANCUR maka otomatis BANGSAnya pun akan LEBUR. Masih ingat pelajaran sosiologi?? Pendidikan anak paling utama itu adalah keluarga. Yups itu bener bangat. Peran keluarga itu penting banget. So, mari yg sudah punya keluarga, punya anak, ataupun yg punya adik, mari kita peduli dengan anak2. Benahi moral bangsa dari yg paling dasar. Pengawasan, ilmu agama, dan komunikasi orangtua dengan anak itu penting.

Satu lagi. Jangan lupa masalah teknologi. Laju teknologi cukup pesat. dari mulai jejaring sosial, banhkan adik gua aja yg kelas 5 SD itu udah punya fb. Apalagi game online. Warnet dimana2 dengan pengawasan yg kurang dr penjaganya. So, kalo moral anak dan pendidikan agamanya rendah, apapun bisa dibuka toh di warnet.

Hmm, kali ini kyknya gua serius bangat yaa (kyk Ka Seto aja,hehe) tp iulah yg pengn gua share, krna gua peduli dan prihatin ngeliat kejadian kemaren. So, sebagai bangsa yg bermoral tinggi, beragama, mari belajar peduli masa depan bangsa. Dengan paling tidak peduli dengan anak2 disekitar Anda-anda dan ente -ente sekalian. Apalagi Anda yg mungkin orangtua, Guru, bahkan Pemerintah, silahkan instrospeksi diri. Apa sudah menjalankan amanat anda dengan baik??. OK segini aja, ntar ngantuk lagiii, ceritanya terlalu beratt yaaa..hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar