Kamis, 17 Mei 2012

Sedikit suara gua untuk anak jalanan

Seperti biasa kalo gua masuk malem bersama Ninja RR gua yang lagi nyamar jadi Grand Astrea (hihihi) selalu lewat lampu merah Pemda dari arah jalan baru, Karawang. Dan seperti biasa juga gua ngeliat beberapa bahkan terkadang puluhan anak-anak menadahkan tangannya sejajar dada, melewati celah-celah kendaraan yang sempit dan sesak dengan karbon monoksida. (bueeeh lagi nyoba bahasa yang sedikit berat).
Ada juga dari mereka yang membawa serta (maaf)orang yang tuna netra, lalu orang-orang yang sudah lanjut usia. Gua ga tau apa mereka keluarga anak-anak tersebut. Yang pasti mereka tampak akrab. Seperti postingan gua dulu, gua paling ga tega liat anak-anak kayak gitu. Pertanyan gua satu “Ko bisa orangtuannya nelantarin anaknya dipinggir jalan??. Daaaaaan diantara mereka itu banyak yang usianya baru 3 taunan. Kebayang kan? Ade gua juga masih 3 taun, dan ga kebayang kalo yang dijalan itu ade gua. Ngeliat anak yang masih polos, sekecil itu, masih lucu, lugu, dan waktunya bermain banyak, malah harus kaluyuran malam-malam cari uang, dan yang pasti karbon monoksida itu kan ga baik buat anak-anak. Kalo dari artikel yang pernah gua baca, anak-anak yang terlalu banyak menghirup asap kendaraan atau polusi sejenisnya, otaknya kurang tumbuh optimal, dan mengakibatkan rendahnya IQ anak. Astagaaa.

Tapi gua emang ga kuat kalo liat yang begitun di jalan, suka kebayang kehidupan mereka, masa depan mereka gimana kalo terus-terusan ngemis. Kadang jujur sampe nyentuh hati gua (lebay yaa gua,hihi. Bodo amat), apalagi kalo ngelliat mereka di jalan, nuntun (maaf), bapak-bapak tuna netra atau yang (maaf)cacat fisik dan yang terlalu renta.
Emang si beberapa temen gua bilang, “Lu jangan mudah percaya sama orang-orang di lampu merah. Soalnya ga jarang dari mereka yang sebenernya ga miskin-miskin amat, bahkan cukup kaya.” Di Jakarta dan cikampek(kalo gua ga salah denger) bahkan ada kampung pengemis katanya.
Terus kalo itu benar adanya. Pertanyaan gua satu. “Kok bisa?”
Dengan dasar apa, dari kitab mana, UU mana, Perda mana, sampe moral daerah mana, yang membuat  mereka bisa bilang meminta adalah pekerjaan. Jawabnya NO besar toh??. Mungkin tradisi juga kali yaa, turun temurun. Dulu kakek moyangnya ngemis, ngumpulin duit seperak demi seperak. Ehh kebeli dah rumah. Kakeknya gamau kalah ngemis, cepe demi cepe, kebeli ferari. Bapaknya ngiri, gope demi gope (udah masuk krismon soalnya, tariff ngemis naek), kebeli dah Sukhoi Super Jet 100. Hahaha. Ngawur banget.
Tapi bener loh, kata pepatah. “Awalnya dipaksa, lalu terpaksa. Terpaksa membuat kita terbiasa. Terbiasa menghasilkan kebiasaan. Dan kebiasaan melahirkan kebudayaan”. Bener kan??bilang aja bener, daripada golok melayang niiihh.. (ngancem, hahaha).
Pertanyaan ga penting yang tiba-tiba terbesit  “kenapa yaaa orang bijak disebut pepatah, kenapa ga peputus, atau pesobek, peretak, atau pelepas??” tapi yang jelas bukan pelepes yaa. Ntar pada tutup idung lagi. hehe.
Eniwai, kesimpulan gua si satu. Gua ga peduli mereka beneran apa acting miskinnya. Tapi kalo anda-anda misalkan lagi bae terus beramal, yaaa niatnya satu aja. Buat bantuin dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar